INILAH PENYEBAB DEMAM PALING SERING PADA ANAK

INILAH PENYEBAB DEMAM PALING SERING PADA ANAK

Dr Widodo Judarwanto pediatrican

  • Kecemasan semakin meningkat, bila saat ini anaknya mengalami panas badan apa pun penyebabnya. Pikiran pertama yang muncul di kepala adalah apakah anak saya menderita demam DBD? Meskipun penyebab demam sangat banyak, tapi DBD paling ditakuti. Masyarakat awam, bahkan seorang dokter yang ahli pun kadang sulit mendeteksi lebih awal diagnosis DBD. Gejala awal DBD tidak khas, hampir semua infeksi akut pada awal penyakitnya menyerupai DBD. Gejala khas seperti perdarahan pada kulit atau tanda perdarahan lainnya kadang terjadi hanya di akhir periode penyakit. Tragisnya bila penyakit ini terlambat didiagnosis, maka kondisi penderita sulit diselamatkan. Perjalanan penyakitnya sangat cepat, dalam beberapa hari bahkan dalam hitungan jam penderita bisa masuk dalam keadaan kritis. Untuk menghindari keterlambatan diagnosis DBD, perlu diketahui deteksi dini dan tanda bahaya DBD.
  • Penyebab demam sangat banyak dan bervariasi, bisa yang ringan hingga yang berat sampai dapat mengancam jiwa. Saat ini penyebab demam paling ditakuti bukan hanya DBD beberapa penyakit lainnya seperti flu burung, ensefalitis dan sebagainya termasuk penyakit yang dapat cepat mengancam jiwa dan diawali dengan keluhan demam.
  • Padahal bila dicermati penyebab demam paling sering adalah infeksi yang ringan dan tidak berbahaya diantaranya adalah infeksi virus.

DEMAM

Demam adalah kondisi dimana otak mematok suhu di atas setting normal yaitu di atas 38C. Namun demikian, panas yang sesungguhnya adalah bila suhu > 38.5C. Akibat tuntutan peningkatan setting tsb maka tubuh akan memproduksi panas. Demam biasanya terjadi akibat tubuh terpapar infeksi mikroorganisme (virus, bakteri, parasit). Demam juga bisa disebabkan oleh faktor non infeksi seperti kompleks imun, atau inflamasi (peradangan) lainnya. Ketika virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh, berbagai jenis sel darah putih atau leukosit melepaskan “zat penyebab demam (pirogen endogen)” yang selanjutnya memicu produksi prostaglandin E2 di hipotalamus anterior, yang kemudian meningkatkan nilai-ambang temperatur dan terjadilah demam. Selama demam, hipotalamus cermat mengendalikan kenaikan suhu sehingga suhu tubuh jarang sekali melebihi 41 derajat selsius.

  • Tubuh anak yang dapat mempertahankan suhu tubuhnya walaupun suhu disekitarnya berubah artinya suhu tubuh relatif tetap sekitar 37o C . Pengaturan suhu tubuh ada di susunan saraf pusat yaitu “set-point” hipotalamus dimana terjadi keseimbangan antara pembentukan dan pengeluaran panas. Di tempat dingin pembentukan panas bertambah dan pengeluaran panas berkurang. Sebaliknya di tempat panas, pengeluaran panas akan ditingkatkan.
  • Demam terjadi sebagai respon tubuh terhadap peningkatan set-point, tetapi ada peninggian suhu tubuh karena pembentukan panas berlebihan tetapi tidak disertai peningkatan set-point seperti pada penderita gondok atau keracunan aspirin. Infeksi menimbulkan demam karena endotoksin bakteri merangsang sel lekosit (PMN) membuat pirogen endogen (PE) yang bekerja di hipotalamus membentuk prostaglandin yang akan meningkatkan set-point. Demam yang terjadi pada keganasan, infeksi virus, penyakit darah, kolagen, gangguan metabolik, alergi, juga disebabkan pelepasan PE, tetapi sumber PE bukan sel PMN.

PENYEBAB DEMAM YANG PALING SERING

  1. Penyebab demam sangat banyak dan bervariasi, bisa yang ringan hingga yang berat sampai dapat mengancam jiwa. Dalam praktek dokter anak sehari-hari penyebab demam pada umumnya adalah infeksi virus. Sebagian besar infeksi virus ini tidak berbahaya tetapi terdapat beberapa jenis infeksi virus yang berbahaya.
  • INFEKSI SALURAN NAPAS ATAS AKUT
    o FARINGITIS (RADANG TENGGOROK)
    o RHINOFARINGITIS VIRUS
    o COMMON COLD
    o BRONKITIS AKUT
  • GASTROENTERISTIS AKUT (DIARE AKUT) karena komplikasi kekurangan cairan
  • VIRAL UNIDENTIFIED (INFEKSI VIRUS YANG TIDAK TERDETEKSI)

CIRI INFEKSI YANG RINGAN DAN RELATIF TIDAK BERBAHAYA, MESKIPUN DEMAM TINGGI :

  • ANAK TETAP AKTIF SEPERTI BIASA, BERLARI, BERMAIN DILANTAI MESKIPUN KADANGKALA SAAT DEMAM LEMAS SESAT TETAPI SETELAH DEMEM TURUN ANAK AKTIF LAGI
  • ANAK TIDAK LEMAS DAN MASIH DAPAT TERTAWA DAN BERSEBDAU GURAU SEPERTI BIASA
  • MAKAN DAN MINUM MASIH MAU, MESKIPUN DALAM KEADAAN DEMAM BIASANYA MAKAN DAN MINUM BERKURANG SEKITAR 25-30 MUNGKIN MASIH WAJAR
  • TIDAK DISERTAI KEJANG, SESAK, MUNTAH DAN DIARE YANG BERLEBIHAN DAN SERING
  • ANAK TIDUR NYENYAK TIDAK GELISAH (BALAK-BALIK)
  • NAMUN DEMIKIAN BILA DEMAM HARI 3-5 MASIH TINGGI HARUS KE DOKTER

Leave a comment